TULIS KISAHMU PUT


KISAH TIGA MUNUSIA TAK LUNAK

Saya tidak tau kisah ini apa namanya yang jelas ini bagian perjalanan hidup, bagian dari takdir. Ku pikir-pikir dari semua orang tak lunak yang ketemui sepertinya sudah ku buatkan tulisan mungkin diriku saja yang terlalu dengan kalian semua ku rasa kalian memang bagian dari takdir yang Tuhan atur tidak ada salahnya berkisah tentang kalian dan aku yang terlalu dengan kalian. Satu lagi, nikmati saja kisah kalian jangan bertanya ini hanya kisah yang perlu kau percaya tanpa harus dipertanyakan, sudah selesai.



2015
Pemulut kasar, dia pemilik bahu yang bidang pemain gitar handal pemilik suara yang indah. dia memiliki kisah yang sangat rumit tapi menakjubkan dia kuat tegar sabar dan ikhlas  dengan semua yang dia jalani di sepanjang hidupnya mungkin ini berat bagi orang lain tapi dia sanggup jalani semuanya dan semoga sampai saat ini. Kenapa aku terlalu padanya karena dia penyayang padahal mulutnya kasar, dia pengaruh baik menurutku darinya ku lebih tahu tentang agamaku sendiri darinya aku mau memperbaiki diriku memang setiap manusia itu pasti memiliki sifat-sifat yang unik pada diri mereka masing-masing entahlah ku nyaman saja padanya dia berhasil membuatku merasa penting karena hal yang tidak penting dia bagi padaku. Dia teman kecilku yang tidak ku tahu ternyata kita dulu berteman sampai saat sekolah aku dan dia sekelas karena sekelas kita dekat  sampai aku menyukainya, dua tahun ku simpan rapi rasaku padanya banyak puisi yang ku tulis untuk menuangkan rasaku aku ingin sekali si pemulut kasar ini mengerti apa yang ku rasakan tapi namanya juga pertemanan kita semua takut kehilangan teman kita sendiri hingga suatu saat kita yang dekat lalu menjauh mungkin saat itu dia tahu dan tidak ingin membahasnya. Aku memlihi melupakan semua rasaku padanya karena pertemanan sangat berharga sampai tahun ketiga aku benar-benar melupakan rasa itu karena banyak hal yang kulakukan sampai saat ini kita berteman dekat tanpa ada rasa yang lebih. Ku ceritakan kisahnya, seperti yang ku bilang dia kuat untuk cerita hidup yang dia jalani jarang ada manusia seperti dia yang sadar bahwa ujian itu dari Allah untuk kesadaran diri kita beribadah hanya padaNya meminta hanya padaNya, itu yang dia lakukan dari sekian banyak anak diluar sana rusak karena hidup yang tidak mereka ingingkan dia dekat dengan pencipta dia tahu harus apa dia jadikan kebaikan pelariannya dia terus menjadi baik dan itu alasanku terus jatuh hati padanya dia  terus menjadi baik dan selalu megingatkan dalam hal kebaikan. Dia pemulut kasar bukan karena suka memaki hanyakan dia alim tapi suka berbicara kotor wajar saja mungkin sudah kebiasaan hidup di lingkungan yang sudah seperti itu. Dulu, yang ku pikir saat hendak mau lulus sekolah hanya dia aku takut kehilangan seseorang pengaruh baik tapi belum saja lulus aku sudah lupa dengan semua yang ku rasakan yang penting dia selalu berada dalam kebaikan. Semua tulisan untuknya ku jadikan karya yang ku simpan sebagai kenangan masa sekolahku ternyata aku pernah punya perasaan yang terlalu dengan seseorang hanya karena memiliki bahu yang bidang.
2022
Hai! Ini Putri setelah 7 tahun berlalu, rasanya waktu cepat sekali berlalu. Rasanya baru kemarin memakai seragam abu-abu, rasanya baru kemarin menjadi anak remaja yang hanya tau bermain dan tertawa tanpa tahu ternyata hidup menjadi orang dewasa itu sangat rumit susah dijelaskan dengan kata kata yang kita lihat sekarang hanya berjuang bertahan untuk tetap waras. Saya tidak akan membahas kehiduhan menjadi orang dewasa, saya mau cerita tentang pemulut kasar disaat sekarang setalah 7 tahun berlalu. Sebenarnya setelah lulus saya tidak tahu seperti apa kehidupannya yang aku tahu dia tetap menjadi seorang anak remaja mesjid, saya juga jarang bercakap dengannya melalui media sosial dan hampir tidak pernah. Sebelum Covid dia pernah kerja di perusahaan milik saudara mami saya yang membuat kita saling berkomunikasi beberapakali dia juga datang ke rumah untuk beristirahat karena jarak kantornya dengan rumah cukup dekat. Dulu saya ingat disaat saya dan teman teman lain masih sering bertemu setelah lulus sekolah dia juga jarang datang karena papinya sedang sakit kita semua tahu papinya sakit sudah lama dan dia yang merawat dan mengurus orang tuanya itu hingga suatu saat Allah berhendak lain sekitar hampir tengah malam dia menelpon dengar suara sesegukan dia hanya bilang "put papiku sudah tidak ada" lalu menutup telponnya. Apa yang bisa saya katakan saya hanya terdiam dan menangis saya lalu memberitahu teman teman yang lain malam itu juga saya langsung datang ke rumah duka melihatnya hanya duduk terdiam tak bersuara tetapi matanya terus mengeluarkan air mata  saat itu aku belum sadar tentang agama dan aturannya yang saya tahu dia teman yang butuh kekuatan jadi malam itu saya berani duduk tepat di depannya memandangannya dan sesekali mengusap lenganya hanya ikut merasakan kesedihannya. Saat itu saya sedih karena saya tahu seperti apa dia berjuang dengan semua cerita dihidupnya yang saya tahu pasti itu semua tidak mudah. Setelah tahun tahun berlalu kita hanyalah bagian dari cerita kita masing masing saya dengan cerita perkuliahanku dia dengan cerita hidupnya yang kadang ku tahu dan kadang tidak ku tahu sama sekali hingga di tahun lalu dan tahun ini dia nyata dia benar-benar ada di bagian ceritaku pada tahun ini dia yang berhasil membuatku keluar dari hitamnya ceritaku tahun ini dia yang membuatku sadar semua yang ada dihidup ini hanyalah perjalanan untuk terus belajar menjadi lebih baik dia yang membuatku benar benar sadar semua yang ada di hidup ini bukan milik kita. Dan hanya dia yang membuatku sadar ternyata selama 7 tahun  ini aku hanya berusaha untuk meredahkan semua yang kusarakan aku ternyata tidak pernah benar benar lupa tentang apa yang aku rasakan dari 7 tahun lalu ternyata rasanya masih sama. Hal bahagia yang ku rasakan di tahun ini walaupun aku tidak tahu tujuannya siapa setidaknya hal yang tidak pernah aku bayangkan di 7 tahun lalu aku rasakan di tahun ini  walaupun aku harus babak belur menahan semuanya karena aku sadar ada Allah sampai Allah juga memberiku kekuatan untuk menjauh dan melepaskan semuanya. Sekarang aku berhenti membuat puisi untuk mengutarakan apa yang ku rasa karena aku tahu ada doa yang lebih ampuh untuk mengutaran semuanya. Aku hanya ingin semua baik baik saja. Saya tidak begitu tahu tentang apa yang dia lakukan sekarang yang aku tahu dia sedang mengejar mimpinya menjalankan hidupnya saya tidak mau terlalu mencampuri kehidupannya cukup dengam mendoakan semua kebaikan untuknya. Mengilakan bukan? Tapi ini kenyataanya entah sampai kapan saya juga tidak tahu. Saya yakin Allah akan memberikan yang terbaik. 

hi

Akhir 2018
Akhir tahun awal masuk kuliah setelah si pemulut kasar banyak manusia tak lunak yang ku kenal dan ku suka hanya tak seperti pemulut kasar yang membantuku berubah dari cerita hidupnya dan rasaku padanya. Awal masuk kuliah, ligkungan baru Susana baru dan yang jelas teman-teman baru kurang mahir langsung akrab dengan seseorang yang baru dikenal akhirnya awal kuliah temanku tidak begitu banyak.  Hingga suatu ketika aku mengenal seseorang yang ku pikir kita sejalan, waktu di sekolah aku bersahabat dengan banyak perempuan maupun laki-laki, dan ku lebih mudah akrab dengan laki-laki krena jiwaku sedikit tidak lunak lebih seru saja menurutku. Dia ini lebih tua jauh malah hanyakan karena pengalaman hidup dia memilih kuliah dari awal lagi. Begini kisahnya, dia jiwa petualang dia manusia eiger dari kepala sampai kaki yang ia pakai mereknya eiger orangnya asik seru kita tadinya sejalan kita berdua nyambung dengan hal-hal kecil sekalipun dia juga pemain gitar handal lagu kesukaannya lagu-lagu lawas wajarlah dia lahir di masa lagu-lagu itu masih jaya. Dia tidak begitu serius suka bercanda dan jail kadang menyebalkan kita dekat hingga ku pikir ku temukan lagi teman yang bisa ku ajak kemanapun ku mau setelah ku berpisah dengan teman-teman sekolah ku yang melanjutkan hidup mereka juga. Semakin hari kita semakin dekat karena rumah kita searah  kita sering pergi pulang kampus sama-sama kerena dengan dia juga ku jadi dekat dengan teman-teman ku yang lain yang dekat dengannya dalam arti ku lebih sering bergaul dengan mereka. Kerena kita terlalu dekat kita jadi saling mengisi kekosongan berbicara lewat telpon berjam-jam. Pikiranku saat itu hanya ku temukan lagi teman hanya itu tidak lebih kerena dia baik dia matang dengan usianya serasa punya kakak laki-laki. Dia sering berbagi ceritanya kita terlalu sering bercanda dan karena kebodohanku sendiri aku terlalu cepat percaya dengan rasa yang tadinya tidak harus dilebihkan kebodohanku sendiri karena aku yang terlalu liar dengan perasaanku sendiri. Aku yang kurang mengerti bahwa seseorang lebih suka mencari teman dalam perjalanan hidupnya tapi ini pelajaran dan perjalanan hidup. Kita sama-sama nyaman tapi aku yang terlalu hanya karena ku rasa menemukan seseorang yang ku pikir akan sejalan denganku dan ternyata tidak. Karena dasarnya ini hanya rasa yang liar yang setulusnya ku hanya ingin menjadi teman baiknya dia tak ku tuangkan dalam tuliasan dan karya-karya ku yang lain. Akhirnya dia menjauh tanpa alasan yang pasti ku hanya mencoba mengerti saat itu di dalam perjalanan hidup kita akan ada banyak orang yang kita temui kita menjadi teman jika beruntung jadi sahabat, jika beruntung lagi jadi kekasih jika  sudah takdir jadi pendamping hidup dan seperti itu akan ada yang datang dan pergi akan ada kisah yang selesai. Dan akhirnya ku tahu alasaanya dia duluan menemukan rasanya dan mungkin saat itu dia tidak ingin melukai siapa pun cara terbaik dengan menjauh dia memang tidak salah orang dalam mencari teman dalam benak ku baiklah aku paham ku doakan saja agar rasanya sampai menjadi ikatan. Dan ini gunanya kesalahan banyak pelajaran yang ku ambil ku yang memang dasarnya manusia apatis yang tak mau ambil pusing ku terus perbaiki diri, ku rasa Sang Pencipta sangat baik padaku saat itu menjadikanku manusia yang sangat bersyukur karena ternyata ada banyak manusia dihdupku yang baik sekali membantuku terus sadar dengan kesalahan-kesalahanku dan satu manusia ini, dia tetap menjadi temanku dia ada untuk satu kisah yang membuatku harus terus menjadi seharusnya manusia dengan dia ku mengetahui beberapa hal yang ternyata seperti itu rasanya kini dia dengan cerita hidupnya entahlah baik atau tidak semoga saja terus menjadi baik. Terima kasih sudah sama-sama menikmati perjalanan hidup





Jika kalian berhasil membaca kisah ini, jangan tanyakan cukup kau percaya dan nikmati aku tidak menuntut aku hanya ingin bercerita.
Tertanda :  -ptr

















Komentar

Postingan Populer