FENOMENA MEDIA SOSIAL DIKEHIDUPAN MANUSIA


NAMA : ANDI TRISNA PUTRI PARENRENGI



FENOMENA MEDIA SOSIAL DI KEHIDUPAN MANUSIA

Perkembangan teknologi informasi  semakin mempengaruhi  hidup manusia. Seiring  perkembangannya, masyarakat  luas  mulai mengenal  adanya internet, televisi, radio dan lainnya.  Salah  satunya  adalah  Internet  yang merupakan wujud perpaduan antara arus komunikasi dengan perkembangan teknologi. Salah satu layanan berbasis web yang paling digandrungi masyrakat adalah situs jejaring sosial. Indonesia  menjadi  negara  di Asia yang mengalami pertumbuhan pesat kedua setelah Malaysia dalam mengakses salah satu jejaring sosial (facebook). Meningkatnya pengguna jejaring sosial di Indonesia disebabkan oleh semakin lengkapnya fasilitas akses internet yang dilakukan oleh para produsen telepon seluler dan para penyedia layanan komunikasi.
Media sosial merupakan  sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.  Menurut  McGraw Hill Dictionary – Media sosial adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual.
Jejaring sosial merupakan situs  dimana  setiap orang bisa membuat  web page pribadi, kemudian terhubung  dengan teman-teman untuk  berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring  sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan  media  cetak  dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak  siapa  saja  yang tertarik  untuk  berpertisipasi  dengan memberi kontribusi  dan  feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.


Pengguna dari media sosial tidak mengenal usia, jenis kelamin, jabatan dan lain sebagainya semua orang bebas menggunakan media sosial. Dikarenankan semua orang bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Pemanfaatan media sosial bagi kehidupan manusia mulai dari hal yang paling sederhana yaitu:
 Interaksi sosial, dalam dunia komunikasi, media sosial bermanfaat sebagai sarana untung membangun hubungan atau relasi. Bahkan media sosial membantu kita untuk berkomunikasi jarak jauh karena media sosial memiliki jangkauan global. Media sosial mempermudah kita untuk berinteraksi dimana pun kita berada.
Sebagai media penghibur, saat ini sudah banyak jenis media sosial sebagai media penghibur, salah satunya YouTube. Kita dapat mencari berbagai hal untuk menghibur diri kita. Mulai dari cerita-cerita lucu maupun gambar-gambar lucu. Berbagai hal menarik dapat kita cari dalam jejaring sosial untuk menghibur kita.
Sebagai media informasi,  kita dapat mengunggah berita-berita terkini pada Jaringan internet untuk membantu kita mendapatkan banyak informasi. Tidak hanya berita-berita, namun informasi lainnya dapat menjadi wadah pengetahuan.
Dan sebagai media kreatifitas,  beragam bentuk media sosial yang ada dapat digunakan oleh kita untuk menggali kreativitas serta mengekspresikan dirinya misalnya dengan menulis artikel atau berbagi pengalaman di blog.




Kini media sosial sangatlah berpengaruh bagi kehidupan manusia mulai dari hal paling sederhana sampai hal terpenting dikehidupan manusia. media sosiaal juga sudah menjadi hal tidak bisa dilepaskan bagi setiap individu. Bahkan terkadang ada manuasia yang mendewakan media sosial hingga tidak menikmati kehidupan realitanya tetapi sangat banyak manusia yang memanfaatkan media sosial sebagai hal positif. Disinilah peran kita sebagai manusia yang harus selalu sadar bahwa tidak kehidupan itu bukan hanya tengtang mengupdate status di media sosial tetapi menikmati dan mensyukuri fasilitas untuk memudahkan kita menjalankan kehidupan bukan malah merusak kehidupan kita.










Komentar

Postingan Populer