NAMA : ANDI TRISNA PUTRI PARENRENGI

NIM : C1D318006

JURNALISTIK GENAP 2018

  
 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DUNIA JURNALISTIK

Perkembangan teknologi dari dulu hingga sekarang semakin canggih. Seiring perkembangan zaman  teknologi informasi dapat memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya, dengan kemajuannya teknologi ada dua dampak negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Mulai dari berita apapun yang mungkin bisa kita lihat pada social media banyak sekali beredar informasi-informasi yang bermanfaat bagi kita untuk bisa memaksimalkan segala aktifitas yang ada saat ini. Perlu kita ketahui juga bahwa dengan teknologi segala aktifitas bisa berjalan dengan mudah dan praktis sehingga membantu banyak untuk kegiatan kita kedepannya.

Mempelajari teknologi informasi adalah salah satu hal yang juga perlu dilakukan oleh pegiat komunikasi karena komunikasi tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan teknologi informasi. Di Indonesia pun hal yang sama juga terjadi. Ada beberapa hal yang membuat mengapa mempelajari teknologi informasi di Indonesia menjadi penting, salah satunya adalah agar kita bisa mempelajari sejauh apa perkembangan dan potensi yang akan terjadi kelak di negara Indonesia ini. Pada dasarnya, teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk membuat atau menghasilkan informasi yang berkualitas. Dengan kata lain, teknologi informasi adalah suatu teknologi untuk menghasilkan sebuah informasi yang relevan, strategis, akurat dan tepat waktu, untuk berbagai kepentingan seperti keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan.

Dalam penyajian sebuah berita pun tidak luput dari kemajuan teknologi. Surat kabar yang telah akrab dengan pembaca sepertinya mulai tergerus seriring perkembangan teknologi. Dengan menjamurnya media online sepertinya telah membuat ‘mahzab baru’ dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalisme online. Jadi penyajian berita melalui media online adalah pesan atau informasi yang disampaikan menggunakan media internet.

Pada awalnya konten dalam media online dan media cetak (Kompas dan Republika) sama. Media online yang ada di Indonesia pada awalnya tidak memiliki perbedaan dengan media cetak. Karena apa yang ada di media cetak hanya dipindahkan dalam media online. Sehingga kontennya sama persis. Barulah ada media online yang serius untuk menyajikan berita melaui media online yaitu pada  tahun 1998 muncul detik.com yang menyajikan berita real time. Detik.com berbeda dengan media lain yang hanya memindahkan konten yang ada dalam media cetak dalam bentuk online. Detik.com pernah membuat media cetak namun tidak bertahan lama. Sehingga, sampai saat ini detik.com hanya fokus pada media online. Informasi yang dimuat dalam detik.com juga selalu up to date.

Lima tahun kemudian,setelah kemunculan detik.com yang fokus membangun media online sebagai media jurnalistik, media-media cetak lain mulai membuat surat kabar dalam bentuk online. Pada tahun 2007 hingga sekarang, diprediksi akan banyak bermunculan media-media online yang real time. Hingga akhirnya, pada tahun 2008, media online dan blog mulai booming.

Kemudahan mengakses internet telah memberikan banyak dampak postif bagi kita. Perkembangan teknologi membawa kita menuju perubahan yang semakin pesat dan membuat semua menjadi lebih praktis. Namun kita sebagai pengguna juga harus bisa bersikap bijak dalam menggunkan media online agar, media online dan juga jurnalisme online bisa menjadi alternatif media di era digital.

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bagaimana pekembangan teknologi komunikasi sangat mempengaruhi perkembangan jurnalistik di dunia. Mulai dari media cetak, radio, dan televisi


SUMBER


Komentar

Postingan Populer